Senin, 22 Juni 2009

Sejarah, visi misi dan program TK Madinah

Oleh: Ida Mukarromah, A. Md, S. Ag (Kepala TK Madinah)

A. GAMBARAN UMUM TK MADINAH .

TK Madinah Malang, berdiri pada tahun 2002 tepatnya pada dengan SK Diknas No.421.8/2433/420.304/2002. Latar belakang berdirinya TK Madinah ini adalah dikarenakan dukungan dan dorongan orangtua santri TPQ Madinah 3 yang sadar pentingnya pendidikan anak usia dini. Tetapi rata-rata mereka berstatus sosial menengah ke bawah sehingga tidak dapat menyekolahkan anaknya karena sekolah TK yang ada dirasakan mahal biayanya. Mereka berharap kepada pihak TPQ untuk mengadakan TK yang dapat terjangkau biayanya oleh mereka. Akhirnya pengasuh TPQ Madinah 3 membentuk mendirikan Yayasan Madinah sebagai sarat pendirian TK dan membentuk kepengurusannya. Selanjutnya mengajukan proposal ijin pendirian TK Madinah ke Dinas Pendidikan Kota Malang pada bulan Juli 2002 dan SK Diknas keluar pada bulan agustus 2002.

Lokasi TK Madinah di Jalan satsui Tubun IV/2B Kebonsari Sukun Malang. TK Madinah ini lebih bersifat sosial di dalam pengembangannya, hal ini dapat dilihat dari dana sekolah yang murah dan dapat diangsur, bahkan bagi yang tidak mampu sama sekali mendapatkan preoritas bebas seragam, spp dan semua peralatan sekolah. Akan tetapi TK Madinah berusaha memberikan pelayanan yang baik seperti sekolah yang lainnya.

Pelaksanaan PBM pada TK Madinah ini mula-mula di Musholla TPQ Madinah 3 hingga berjalan satu tahun pelajaran. Pada pertengahan tahun kedualah TK Madinah baru memiliki gedung sendiri, waqof dari keluarga pengurus yayasan Madinah. Gedung TK madinah tersebut terdiri dari 3 kelas, satu kantor dan halaman bermain. Dalam pengembangannya sekarang ini , TK Madinah telah memiliki 6 kelas dan satu kantor serta 2 kamar mandi. . lain diusahakan dengan membatasi jumlah murid dalam kelas dibatasi maksimal 20 anak dengan 2 orang guru, tenaga pendidik minimal berijasah ke TK an, memiliki syahadah Qiroaty atau bisa mengaji, ikhlas berjuang serta berpengalaman dan berkepribadian yang baik.

Adapun Visi dan Misi TK Madinah adalah turut mencerdaskan anak bangsa, menanamkan nilai-nilai religi dan sosial pada anak sejak dini, membangun generasi yang cerdas, ceria dan sehat menuju terwujudkan generasi penerus bangsa yang tangguh IMTAQ dan IPTEKnya. Untuk mewujudkan tujuan tersebut di atas,TK Madinah berusaha menciptakan proses pendidikannya dengan sebaik mungkin.

B. PROGRAM PENDIDIKAN DI TK MADINAH MALANG

Program Kegiatan Belajar Mengajar (Pendidikan) di TK Madinah Malang pada tahun Pelajaran 2008-2009 adalah :

1. Mengajarkan perilaku yang baik berdasarkan Ajaran Islam dan kurikulum yang ada untuk pembentukan perilaku, sosial, moral dan kemandirian anak

2. Mengajarkan pengenalan baca ,tulis dan berhitung dengan cara bermain sesuai kurikulum yang ada dan perkembangan anak usia dini.

3. Mengenalkan baca, tulis Al Qur’an dengan menggunakan metode Qiro’aty

4. Memberikan siraman rohani, pengenalan dan pemahaman tentang Agama Islam untuk menanamkan nilai-nilai agama pada anak sejak dini sebagai pondasi dasar yang kuat di masa yang akan datang.

5. Mengadakan kegiatan ekstra kurikuler untuk pengembangan minat dan bakat anak, seperti simpoa, seni, tari dan menggambar.

6. Mengadakan ektra pengenalan bahasa Arab dan bahasa Inggris anak untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan bahasa anak.

7. Melakukan baris bersama sebelum mulai belajar di kelas untuk penanaman disiplin dan pengembangan emosi, sosial anak.

8. Melakukan senam dengan menggunakan musik bersama-sama tiap hari rabo dan sabtu untuk pengembangan fisik motorik anak.

9. Mengadakan jam tambahan bagi anak yang kurang dalam perkembangan bahasa, kognitif, dan sains.

10. Mengadakan permainan-permainan secara individu dan kelompok untuk pengembangan kemasarakatan, kemandirian, emosi dan sosial.

11. Mengadakan lomba-lomba yang bersifat permainan edukatif untuk evaluasi perkembangan kemampuan dan minat bakat yang dimiliki anak.

12. Mengadakan jalan sehat bersama-sama tiap 1 bulan sekali, ke kampung dan sawah yang tidak jauh dari lokasi sekolah untuk mengenalkan kehidupan yang ada diluar sekolah dan belajar mengenaal lingkungan dan alam.

13. Mengadakan kegiatan home visit atau kunjungan ke rumah teman untuk menanamkan rasa sosial dan kepedulian terhadap sesama teman serta menjalin silaturrohmi/persahabatan dengan temannya terutama pada saat temannya sedang sakit atau terkena musibah.

14. Mengadakan pemeriksaan kuku, gigi, rambut pada tiap hari jum’at untuk membiasakan anak menjaga kebersihan badannya.

15. Menabung dan beramal tiap hari senin dan kamis untuk membiasakan anak belajar hemat dan dermawan.

16. Mengadakan kegiatan praktikum di luar kelas yang menunjang pemahaman dan pengalaman anak usia dini, seperti berkebun dan memasak.

17. Mengadakan kegiatan eks-kursi ke tempat layanan umum seperti museum, perpustakaan umum, kantor polisi, kantor pos, dan stasiun untuk meningkatkan pengetahuan yang kongkrit tentang tempat layanan masarakat umum .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar